Rabu, 17 Juni 2009

Mengapa sambal goreng lebih pedas?

Mengapa sambal goreng lebih pedas…

Mengapa sambal goreng lebih pedas, alasannya mudah saja. Jika ditilik dari asal rasa pedas itu darimana, jawabannya akan ditemukan. Rasa pedas diperoleh dari cabe yang merupakan bahan utama dalam membuar sambal, dan senyawa utama yang memberikan rasa pedas itu adalah oleoresin. Oleoresin berasal dari dua suku kata, oleo yang artinya minyak dan resin yang artinya damar. Oleo merupakan pembawa rasa dan resin merupakan pembawa rasa.

Lalu apa hubungan antara oleoresin dan sambal goreng?

Mesti diingat, bahwa dalam pembuatan sambal goreng ada peristiwa ekstraksi oleoresin. Dalam pembuatan sambal goreng, oleoresin terkestrak dengan dua cara, secara mekanis dan kimiawi. Secara mekanis oleoresin terkestrak karena panas dan penekanan selama pengadukan. Adapun secara kimiawi oleoresin terkestrak melalui prinsip “like and dislike”. Oleoresin yang merupakan senyawa nonpolar akan terekstrak dengan baik ketika digoreng oleh minyak goreng. Singkatnya dalam pembuatan sambal goreng oleoresin yang terekstrak lebih banyak, sehingga rasa yang dihasilkan lebih pedas.

Buat kalian yang ingin menghindara rasa terlelu pedas, sebaiknya cabenya direbus saja, setidaknya hal ini akan mengurangi satu proses ekstraksi secara kimiawi.
Tetap Pintar Untuk Memilih Makanan, dan Tetap Pintar Untuk Hidup Sehat


Teddy Efendy
Alumni Teknologi Pangan Univrsitas Padjadjaran

Tidak ada komentar: