Jumat, 24 Juli 2009

Membedakan Pisang Matang Pohon dan Pisang Karbitan

Membedakan Pisang Matang Pohon dan Pisang KarbitanRata Penuh

Pisang memiliki kandungan gizi yang baik, sebagai sumber vitamin seperti halnya buah-buahan, pisang juga bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat. Bahkan pisang juga bisa dijadikan sebagai sumber Kalsium (Ca) karena memang memiliki kanduangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya.

Namun, pisang yang beredar di pasaran tidak semuanya dipanen ketika buah pisang matang di pohon, bahkan sebagian besar dipanen ketika masih mentah kemudian dimatangkan dengan bantuan etilen atau karbit, sehingga hasilnya dikenal dengan pisang karbitan. sekalipun dari sisi rasa, tidak terlalu berbeda antara pisang matang pohon dengan pisang karbitan, tapi jangan pernah lupa, bahwa pada dasarnya sesuatu yang alami lebih baik daripada yang dibuat-buat atau dipaksakan.

Salah satu cara untuk membedakan pisang matang pohon dan pisang karbitan adalah dengan memperhatikan fisik buah pisang tersebut. Dilihat secara melintang, setiap pisang ini akan memiliki sudut pada awalnya. Pisang yang matang pohon, sudut ini akan semakin menghilang. Sedangkan Pisang karbitan sudut ini akan tetap terlihat. Jadi,silakan pandai memilih dan tetap hidup sehat.
Tetap Pintar Untuk Memilih Makanan, dan Tetap Pintar Untuk Hidup Sehat


Teddy Efendy
Alumni Teknologi Pangan Univrsitas Padjadjaran

Tidak ada komentar: